Rabu, 15 Januari 2014

CONTOH LAPORAN PENJUALAN



TUGAS LAPORAN PENJUALAN KAIN TENUN IKAT MOTIF DAYAK

 TEKNIK PROMOSI PENJUALAN 

DOSEN PENGAMPU

Rofiq Anwar, S.IP







Disusun Oleh
MIKAEL RUNIGER
2012/PR/3522


PUBLIC RELATIONS
AKADEMI KOMUNIKASI INDONESIA ( AKINDO )
YOGYAKARTA
2014

A.  PENDAHULUAN

·         Deskripsi Profil Produk dan Alasan Pemilihan Produk
Dalam Rangka Pengenalan Hasil Kerajian Tangan Daerah yang disponsori oleh DEKRANASDA (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Prov. Kalimantan Barat, saya disini sebagai Duta Budaya dari daerah ini ingin memberikan dan mempromosikan Hasil Kerajinan Tangan dari daerah saya  provinsi Kalimantan Barat dan kebetulan juga saya sekarang merantau di kota pelajar Yogyakarta, yaitu Kain Tenun Ikat Motif Dayak Asal Kabupaten Sintang. Untuk harga Kain Tenun ikat yang panjang ini dikenakan biaya Sebesar Rp 35.000,- untuk per helainya tapi untuk yang pendek per helainya dikenakan biaya sebesar Rp 30.000,- (harga asli dari pengerajinnya). mengapa tidak saya jual mahal barang ini ?, karena saya sebagai duta budaya, saya membantu mempromosikan hasil budaya dari daerah saya sendiri, ini sebagai bentuk upaya agar masyarakat di Indonesia tahu, akan keberadaan kami suku Dayak lewat hasil kerajinan tangan ini dan tidak hanya kain tenun ikat saja masih banyak hasil kerajinan tangan yang lain juga mendukung. Oleh karena itu mari bersama-sama kita lestarikan Tradisi dan Budaya dari daerah kita masing-masing agar tetap terjaga dan tidak punah serta  generasi kita pun masih bisa menikmatinya. kain tenun ikat ini merupakan aksesoris yang multi guna, contohnya saja bisa dibuat sebagai dasi, ikat kepala, aksesoris untuk tas, dan syal serta bisa jadi pelengkap hiasan untuk bingkai foto atau semacamnya, bahkan dijadikan ikat pinggang juga bisa.

·         Perbandingan Harga Kulakan dan Harga Jual
Dalam masalah perbandingan harga sendiri, saya tidak mematoki sesuai dengan kondisi harga pasar atau dengan harga kulakan, karena disini kita menjual bersifat mempromosikan atau menginformasikan hasil kerajinan tangan dari daerah sebagai bentuk pelestarian tradisi dan budaya yang sekarang sedikit mulai terlupakan oleh generasi muda. Dalam penjualannya sendiri kita memakai harga dari Pengerajin tenunnya sendiri, dan disini kita tak ada sifat untuk mengambil untung dari hasil penjualan, tapi yang kami ambil untungnya ialah budaya dan tradisi kami dikenal oleh orang banyak khususnya Indonesia. Jadi untuk kain tenun ikat motif dayak ini punya 2 bentuk ada yang panjang dan yang pendek, kalau yang panjang dikenakan biaya Rp 35.000,- dan yang pendek Rp 30.000,- per helainya.
·         Target Konsumen
Dalam mengejar target penjualan atau promosi ini, kita menentukan juga target konsumen yang akan membeli serta memakai produk kita. Untuk target konsumen dalam penjualan produk kain tenun ikat motif dayak tidak di batasi, ini dimaksudkan untuk siapapun tidak terkecuali anak-anak, wajar-wajar saja kalau mereka sudah menyukai seni dan budaya dari kecil, dan kita tidak memberikan batasan umur bagi mereka yang ingin mengenal seni dan budaya. Dalam penjualan ini, saya menawarkan kepada siapa saja yang mau membeli produk saya ini. Karena waktu juga yang mendadak jadi penjualan dan penawaran saya lakukan lewat media online atau internet demi memenuhi target konsumen. Target Konsumen untuk semua umur baik dewasa, remaja, anak-anak, maupun orang lanjut usia.
·         Strategi Promosi Penjualan
Dalam menjalankan penjualan dan penawaran serta promosi produk kain tenun ikat motif dayak ini. Saya menggunakan Pull Strategy atau strategi menarik konsumen yang dimana dalam hal ini, saya melakukan banyak hal dalam menarik konsumen atau pembeli agar tertarik dengan produk yang saya jual. Dalam pelaksanaanya, saya membawa beberapa helai kain tenun ikat motif dayak dari berbagai macam warna, bentuk dan motif untuk dijadikan sampel atau contoh. Dalam menarik hati konsumen saya melakukan berbagai macam usaha dan upaya dengan memberikan beberapa fungsi dari kain tenun ikat motif dayak ini, kain tenun ikat ini merupakan aksesoris yang multi guna, contohnya saja bisa dibuat sebagai dasi, ikat kepala , aksesoris untuk tas, dan syal serta bisa jadi pelengkap hiasan untuk bingkai foto atau semacamnya, bahkan bisa dijadikan ikat pinggang juga.

·         Media Penjualan
Dalam penjualan dan penawaran untuk produk kain tenun ikat motif dayak ini. Saya mempromosikan atau menawarkan produk ini tidak hanya dengan datang membawa  barang dagangan ini dari tempat satu ke tempat yang lainnya, tetapi juga saya menggunakan media atau fasilitas dari dunia internet yaitu media sosial dalam melancarkan usaha dagang saya atau promosi (penawaran) produk ini. Media sosial yang saya gunakan adalah Blogger, Facebook, dan Twitter. Seperti di bawah ini :

Di twitter @michaelruniger

Di Facebook @michaeldaris
 


Dan di Blog (michaelrdaris.blogspot.com)
  
·         Laporan Keuntungan
Dalam laporan keuntungan hasil dari penjualan produk kain tenun ikat motif dayak, saya memakai data tabel lengkap dengan waktu transaksi, serta jumalah barang yang dibeli. Dan dijelaskan berapa omset yang diapatkan dari hasil penjualan tersebut.



DATA KEUNTUNGAN PENJUALAN KAIN TENUN IKAT DAYAK
Tenun Ikat Dayak yang Panjang                      : Rp 35.000,-
NO
KETERANGAN
Tenun Ikat Dayak yang Panjang
Tenun Ikat Dayak Yang Pendek
Jumlah
1
Kamis, 5 Desember 2013
1
-
Rp 35.000,-/Lunas .
2
Senin, 9 Desember 2013
1
-
Rp 35.000,-/Lunas .
3
Senin, 9 Desember 2013
1
-
Rp 35.000,-/Lunas .
4
Senin, 9 Desember 2013
1
-
Rp 35.000,-/Lunas .
5
Senin, 9 Desember 2013
1
-
Rp 35.000,-/Lunas .
6
Rabu, 11 Desember 2013
1
1
Rp 65.000,-/ Lunas  .
7
Kamis, 12 Desember 2013
1
-
Rp 35.000,-/Lunas .
8
Sabtu, 21 Desember 2013
3
-
Rp 105.000,-/Lunas .
9
Jumat, 27 Desember 2013
2
-
Rp 70.000,-/Lunas .
10
Selasa, 31 Desember 2013
2
-
Rp 70.000,-/Lunas .
11
Jumat, 10 Januari 2014
1
-
Rp 35.000,-/Lunas

TOTAL

Rp 555.000,-
Tenun Ikat Dayak yang Pendek                       : Rp 30.000,-

·         Evaluasi Kegiatan Penjualan
Dalam melaksanakan kegiatan penjualan, promosi, dan penawaran produk kain tenun ikat motif dayak ini, banyak sekali tantangan, permasalahan, keberhasilan dan kegagalan yang saya hadapi. Berbagai macam hal yang saya temui ketika berhadapan dengan para konsumen-konsumen. Salah satunya ialah ketika mereka meminta untuk minta diskon atau pengurangan harga, ini yang menjadi faktor yang membuat saya sulit untuk menjalankan kegitan penjualan ini, saya sudah berusaha keras dalam memberikan harga yang pas dan sesuai, saya menjual sesuai dengan harga yang diberikan atau yang sudah dikonfrimasikan oleh pengerajinnya sendiri, tetapi kebanyakkan dari konsumen tetap aja ngotot untuk minta pengurangan dana. Yang menjadi jalan pikiran atau terlintas dalam benak  saya saat mereka minta pengurangan dana atau diskon ialah mereka tidak memikirkan nasib pengerajinnya, biaya kirim barang dari Kalimantan Barat ke Yogyakarta, dan ini  dalam rangka juga mempromosikan Hasil Kerajinan Nasional Daerah. Harga yang yang sudah ditetapkan tersebut merupakan harga aslinya dan kita sama sekali tidak mendapatkan untung dari penjualan tersebut, tapi yang menjadi keberhasilannya ialah kita mampu menawarkan atau mempromosikan hasil kerajinan tangan ini dan lumayanlah ada beberapa konsumen yang tertarik dengan produk yang saya tawarkan kepada mereka. Yang menjadi indikator keberhasilan saya dalam melaksanakan kegiatan penjualan ini ialah Produk yang ditawarkan tidak hanya bersifat umum tetapi juga mempunyai nilai realistik yang mempunyai makna bagi mereka dan saya, bagi mereka dengan membeli produk saya mereka sudah mengenal budaya dan seni serta tahu salah satu hasil kerajinan tangan dari daerah Kalimantan, dan bagi saya, saya merasa bangga bisa menjadi duta budaya bagi daerah saya sendiri dalam mengenalkan, mempromosikan salah satu hasil seni dan budaya  Kalimantan Barat. Dalam kegagalan sendiri yang saya alami hanya masalah waktu saja, ada beberapa barang yang belum terjual habis padahal yang menjadi target saya barang itu habis, tetapi hal itu tidak membuat saya patah semangat justru itulah tantangan dalam dunia kerja. Penjualan, penawaran dan promosi yang saya lakukan ini  tidak hanya sampai disini melainkan akan saya kembangkan terus, dan jikalau konsep ini berjalan dengan baik maka kesempatan saya untuk berinvestasi dalam dunia wirausaha akan tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar